Rencana Pembangunan, Konsep Kampus, Master Plan dan Pembangunan Kampus ITERA..

Rencana Pembangunan, Konsep Kampus, Master Plan dan Pembangunan Kampus ITERA..


Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dapat dikatakan sebagai kampus baru di Indonesia. Kampus yang berdiri di Lampung ini menempati lahan yang sangat luas, yaitu 285 hektar. Jika dibandingkan dengan kampus serupa, misalnya seperti ITB atau ITS, tentu fasilitas yang ada di kampus ini belum selengkap kampus pendahulunya. Meskipun demikian, ITERA tidak mau kalah dengan kedua kampus besar tersebut.

Rencana Pembangunan ITERA


Saat ini kampus ITERA sedang dalam proses pembangunan dan pengembangan. Kampus ITERA akan dijadikan sebagai Center of Excellece di Lampung beserta dengan dua perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Negeri Lampung dan IAIN Raden Intan Lampung. Nantinya ITERA beserta dua perguruan tinggi tersebut akan menjadi Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT) LARAIN (UNILA-ITERA-IAIN) di Lampung.
Perlu Quipperian ketahui, ada beberapa pembangunan yang sedang dilakukan di Kampus ITERA, yaitu pembangunan 6 embung, pembangunan Pusat Pengelolaan Sampah Terpadu, dan 4 gedung asrama yang berlantai 5. Dua gedung asrama tersebut akan dibangun pada tahun 2016, sedangkan dua gedung asrama berikutnya akan dibangun pada tahun 2017. Pembangunan fasilitas tersebut dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Selain pembangunan fasilitas berupa gedung, pihak kampus ITERA juga sedang meningkatkan infrastruktur lain, seperti jalan. Nantinya akan dibangun jalan sebagai akses utama menuju kampus ini dan dihubungkan langsung ke jalan tol Kota Bandar Lampung.
Tidak hanya itu, masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang akan dibangun di kampus ini. Pembangunan fasilitas tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan beberapa kementerian. Misalnya saja, akan dibangun Sport Center seluas 50 hektar. Pembangunan tersebut dilakukan atas kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kemudian akan dibangun juga Science and Art Park. Pembangunan tersebut juga dilakukan atas kerjasama dengan BPPT dan Kemenristekdikti.
Nantinya kamu yang akan berkuliah di kampus ITERA ini dapat menikmati semua fasilitas-fasilitas unggulan yang disediakan. Fasilitas unggulan tersebut dibangun sesuai dengan konsep serta master plan yang sudah dirancang oleh kampus ITERA. Supaya kamu mendapat gambaran seperti apa nantinya fasilitas yang ada di kampus ini, mari kita lihat konsep serta master plan pembangunan fasilitas kampus ITERA.

Konsep Kampus ITERA



Seperti yang telah Quipperian ketahui, kampus ini masih sedang dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Sejalan dengan pembangunan yang dilakukannya tersebut, kampus ITERA akan dibangun dan dikembangkan berdasarkan sebuah konsep. Konsep yang diusung oleh kampus ini yaitu Smart, Friendly, and Forest Campus.  
Smart Campus

Smart, berarti cerdas. Cerdas yang dimaksudkan oleh kampus ini yaitu cerdas dalam memaksimalkan semua potensi lingkungan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur di kampus ITERA dilakukan dengan memanfaatkan semua potensi lingkungan yang ada di sekitar kampus ini.
Salah satu hal yang perlu kamu ketahui, yaitu bahwa di kampus ITERA ini tersedia sumber mata air abadi.  Konsep Smart tersebut juga dapat diartikan sebagai sebuah upaya meningkatkan kualitas akademik, sehingga lulusan yang berasal dari kampus ITERA ini adalah lulusan yang berkualitas.
Friendly Campus

Friendly, maksudnya adalah menjadi kampus yang terbuka untuk semua pihak. Kampus ITERA sangat terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini terbukti dengan adanya kerja sama dengan berbagai kementerian dalam pembangunan infrastruktur kampus. Pengaplikasian konsep friendly dalam pembangunan infrastruktur ditunjukkan dengan didirikannya bangunan pada area penerimaan. Bangunan tersebut nantinya dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti pameran, seminar kecil, dan festival.
Selain itu akan dibangun juga Gedung Pusat Inkubasi & Inovasi, serta Gedung LPPM. Fasilitas tersebut nantinya dapat digunakan sebagai area pertemuan dan tempat untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.
Forest Campus

Forest Campus, mendengar konsep ini tentunya kamu sudah bisa membayangkan bagaimana kampus ini nantinya akan dibangun. Ya, nantinya kampus ini akan dibangun dengan berorientasi hutan. Maksudnya, kampus ITERA akan membuat ruang terbuka hijau, berupa hutan. Hutan tersebut dapat menjadi habitat bagi banyak satwa liar. Selain itu, dengan adanya hutan di dalam kampus ITERA ini dapat menjadi bagian solusi teknologi hijau.
Masih di konsep yang sama, yaitu Forest Campus, kampus ITERA juga akan menciptakan sistem Ruang Terbuka Hijau dan Biru. Ruang Terbuka Hijau dan Biru tersebut akan diintegrasikan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang ada di lingkungan kampus ITERA. Nantinya Ruang Terbuka Hijau dan Biru tersebut akan dimaksimalkan untuk meningkatkan keberadaan air di lingkungan kampus, baik yang bersumber dari mata air, air hujan, maupun air hasil buangan. Sumber-sumber air tersebut akan dikelola melalui konsep Zero Run-Off.
Selain itu, juga akan dikembangkan konsep desain ruang terbuka berdasarkan sistem Ruang Terbuka Kuning. Nantinya akan dibangun Kebun Energi, yaitu tempat untuk mendapatkan energi surya yang terintergrasi dengan bangunan di kampus ITERA. Energi surya tersebut akan dimanfaatkan sebagai energi listrik yang nantinya akan digunakan untuk setiap fasilitas yang ada. Selain energi surya, akan dikembangkan juga mikro hidro dan energi bayu sebagai salah satu energi alternatif.

Master Plan dan Pembangunan Kampus ITERA


Karena masih dalam tahap pembangunan tentu kamu belum bisa melihat langsung ada fasilitas apa saja di kampus ini. Namun, kamu tetap bisa mengetahui kira-kira nanti akan ada fasilitas apa saja melalui master plan pembangunan kampus ITERA. Jika para Quipperian melihat master planpembangunan kampus ini, sudah pasti kamu semua akan kagum. Fasilitas yang sedang dalam tahap pembangunan tersebut sangat lengkap dan sangat megah.
Di dalam master plan kampus ITERA, nantinya fasilitas yang akan dibangun, seperti sebuah gedung olahraga indoor dengan konsep gerak multifungsi Indoor Sport Center, Laboratorium Penelitian, Pusat Inkubasi dan Inovasi, LPPM atau gedung perkantoran. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas yang sudah dalam tahap pembangunan yang sudah dimulai sejak tahun 2013, misalnya seperti gerbang utama, gerbang timur, gerbang barat, gerbang selatan, Rektorat, Student Center, Perpustakaan Pusat, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, masjid, laboratorium, hunian untuk dosen dan mahasiswa, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Bagi kamu yang ingin berkuliah di kampus ini, nantinya jika pembangunan tersebut sudah selesai kamu bisa menikmati segala fasilitas yang sangat megah dan unggul di kampus ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas terbaru dengan sistem teknologi yang juga terbaru.

Komentar